Get Adobe Flash player

MINDSET OPERATING SYSTEM (MOS)



Setelah saya coba mengelompokan cara berpikir menjadi 4 ketegori, selanjutnya saya coba untuk membuat panduan tentang bagaimana cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Panduan ini saya sebut dengan MOS, yang kepanjangannya adalah Mindset Operating System. Sementara ini MOS akan saya gunakan dalam kehidupan saya pribadi. Saya akan menyelidiki apakah kesimpulan yang saya buat dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

Cara berpikir meditatif digunakan untuk memisahkan kesadaran dari pikiran.
Hanya kesadaran yang dapat tetap sadar tanpa ada proses berpikir, yang bisa memilih cara berpikir mana yang akan digunakan. Jika kesadarannya terpenjara atau melekat pada salah satu cara berpikir saja, maka tidak dapat memilih cara berpikir mana yang akan digunakan.

Cara berpikir analitis digunakan untuk menganalisa dan membuat pertimbangan.
>> Memahami cara kerja / mekanisme dari sebuah proses.
>> Membandingkan beberapa obyek atau pilihan.
>> Belajar dari pengalaman dan merencanakan masa depan.

Cara berpikir empatik digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungan.
>> Merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain atau makhluk lain.
>> Meng-ekspresikan apa yang kita rasakan secara verbal maupun non verbal.
>> Beradaptasi dengan lingkungan atau mendeteksi kecocokan dengan lingkungan.

Cara berpikir intuitif digunakan untuk terhubung dengan diri-sendiri.
>> Mengetahui apa yang benar-benar di-inginkan.
>> Mengetahui apa yang benar-benar ingin dilakukan.
>> Membuat keputusan atau menentukan pilihan.

Leave a Reply

Hak Cipta oleh FORUM HIPNOTIS KARAWANG. Diberdayakan oleh Blogger.